Senin, 30 November 2009

Hidup di Perantauan

Masih teringat betapa dahulu bulan Juni tahun 2004 ketika aku meninggalkan rumah mertuaku yang ada di Depok-Jawa Barat demi membangun kehidupan bersama keluarga sendiri dengan segala kekurangan yang harus kutempuh, hari demi hari kujalani dengan penuh harapan. Aku berangkat merantau ke kota seberang lautan (Pangkalan Bun yang sekarang menjadi tempat tinggal tetapku) dengan hati sedih karena harus berpisah dengan anak dan istri tersayang yang sementara harus kutitipkan bersama mertuaku, dan bersama doa seluruh keluarga aku harus rela menjalani hidup sendirian sementara.
Enam bulan kemudian, ketika ada kesempatan waktu aku mengunjungi keluargaku di kota Depok-Jawa Barat, kutumpahkan semua kerinduan yang selama ini kupendam. Aku bercerita banyak betapa selama meninggalkan keluargaku aku selalu membayangkan bagaimana kehidupannya selama kutinggalkan. Aku bercerita betapa banyak hal baru yang harus kukerjakan selama di perantauan.
Aku memutuskan untuk membawa sekalian anak dan istriku bersama ke tempat yang baru yang belum pernah dia bayangkan sebelumnya, sebuah kota kecil yang tidak seramai kota yang pernah dia tinggali.
Kemudian dengan mengumpulkan sedikit demi sedikit uang aku berniat untuk membangun sebuah tempat tinggal sendiri yang bagaimanapun bentuknya agar dapat untuk berteduh dan tidak menumpang lagi dengan orang lain.
Akhirnya dengan menjual sepeda motor cicilan yang belum lunas aku membeli sebidang tanah berukuran 12,5 x 23 m dengan harga 4,5 juta sama persis dengan harga jual motorku. Kemudian aku mulai membangun rumah dengan bahan-bahan bekas sisa proyek.
Sampai saat ini aku tetap bekerja pada perusahaan saudaraku di Pangkalan Bun dengan banyak orang di dalamnya. Aku harus banyak belajar dan sabar di bawah tekanan pekerjaan yang membuat aku tidak punya waktu lagi untuk berkunjung ke pulau Jawa. Hingga 4 kali lebaran aku hanya dapat merayakan bersama dengan keluargaku di Pangkalan Bun Saja. Udah ah… capek nulisnya!!!
-wassalam-


0 Comments:

Post a Comment




ShoutMix chat widget

Berita Terhangat